bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Kamis, 24 Mei 2018

Thailand

Cara membaca angka dan tahun Thailand

Thailand, yang terletak di Asia tenggara dibagian selatan China, adalah negara yang tidak menggunakan  angka latin (0, 1, 2, 3 ...) untuk mewakili angka mereka. Agar kolektor koin di Amerika Serikat, Eropa, dan Negara lainnya dapat mengidentifikasi denominasi dan tahun koin Thailand dengan benar, maka bundle ini akan berguna untuk mengetahui cara menerjemahkan angka dan tahun Thailand ke dalam angka dan tahun latin.

Angka-angka Thailand


Simbol-simbol yang digunakan bahasa Thailand untuk mewakili angka 0 hingga 9 dikenal sebagai angka-angka Thai dan didasarkan pada simbol-simbol lama yang dikenal sebagai angka-angka Khmer. Di bawah ini adalah grafik yang menunjukkan angka-angka Thai yang mewakili angka Arab Barat 0 hingga 9:

gambar 1. angka thailand

Berikut beberapa contoh dari koin Thailand yang sebenarnya:

Gambar 2. koin dari kiri kekanan : 1, 25, 10

Untuk menerjemahkan angka bahasa Thailand, Anda tinggal mengganti simbol Thailand dengan angka latin (tidak ada perhitungan yang rumit, tidak seperti angka bahasa Jepang). Beberapa koin Thailand yang lebih baru dimunculkan angka latin disebelah angka Thailand (perhatikan "10" pada koin paling kanan).
Tahun Thailand

Setelah Anda dapat menerjemahkan angka-angka Thailand, mengubah tahun pada koin-koin Thailand ke tahun Umum (misalnya 2013) dilakukan dengan mengurangi 543 dari tahun Thailand. (Wikipedia memiliki lebih banyak informasi tentang Kalender Matahari Thailand bagi mereka yang tertarik.) Tahun koin biasanya mengikuti inisial .. ("B.E.", yang berarti Era Buddhis).

Dibawah ini ada beberapa contoh tahun pada koin Thailand :

Gambar 3. angka koin dari kiri kekanan : 2551 (2008), 2543 (2000), and 2552 (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar